PC Gaming Harus Pakai SSD, Mengapa ?

 



Saat ingin membeli atau merakit pc banyak hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah penyimpanan, dengan penyimpanan yang  baik pula performa sebuah pc akan menjadi mantap.

SSD

SSD adalah penyimpanan yang tidak menggunakan disk yang berputar kebanyakan ssd menggunakan memori flash NAND dengan baca/tulis lebih unggul.

HDD

HDD menggunakan komponen bergerak seperti disk yang terdapat didalamnya media penyimpanan hdd tersebut yang membuat baca/tulis menjadi lebih lambat daripada ssd yang tidak ada antrian dalam mencari dan memuat aset tanpa ada alur putar. Waktu pencarian dari lengan dan latensi rotasi dari piringan atau disk

Mengapa Harus SSD

Penggunaan SSD menjadi hal umum untuk pc gaming dan akan terus digunakan pada pc gaming generasi terbaru.

    Waktu boot OS yang lebih cepat ketika menyalakan komputer akan sangat membosankan menunggu sampai pada titik komputer bisa digunakan sepenuhnya.

    Waktu muat yang lebih cepat perbedaan yang paling dirasakan antara SSD dan HDD saat memulai game diwaktu ini komputer akan load semua data game dan ini membutuhkan kecepatan  yang tinggi agar lebih mempersingkat waktu.

    Permainan yang lebih lancar saat game berjalan maka disaat itu juga baca/tulis tidak akan berhenti ada ratusan bahkan ribuan operasi, dan ssd juga akan meningkatkan FPS saat bermain game.

dari tulisan saya diatas saat membeli/merakit PC tetap CPU dan GPU yang baik adalah kuncinya namun SSD juga tidak kalah penting.

1 komentar untuk "PC Gaming Harus Pakai SSD, Mengapa ?"